Kamis, 21 Januari 2010

Betapa Tulusnya Hati Sang Ayah...

Biasanya, bagi seorang anak yang sudah dewasa, yang sedang bersekolah atau menuntut ilmu jauh dari kedua orang tuanya…..

Akan sering merasa kangen sekali dengan ibunya..
Lalu bagaimana dengan Ayah?

Mungkin karena Ibu lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari...

tapi tahukah kamu, jika ternyata Ayah-lah yang mengingatkan Ibu untuk menelponmu?
Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, Ibu-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng...

tapi tahukah kamu, bahwa sepulang Ayah bekerja dan dengan wajah lelah Ayah selalu menanyakan pada Ibu tentang keadaanmu dan apa yang kamu lakukan seharian?

Pada saat dirimu masih seorang anak kecil……
Ayah biasanya mengajari anaknya naik sepeda.
Dan setelah Ayah mengganggapmu bisa, Ayah akan melepaskan roda bantu di sepedamu…
Kemudian Ibu bilang : “Jangan dulu Pak, jangan dilepas dulu roda bantunya” ,
Ibu takut anaknya terjatuh lalu terluka….

Tapi sadarkah kamu?
Bahwa Ayah dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu anaknya PASTI BISA.

Pada saat kamu menangis merengek meminta mainan yang baru, Ibu menatapmu iba.
Tetapi Ayah akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang”
Tahukah kamu, Ayah melakukan itu karena Ayah tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

Saat kamu sakit flu, Ayah yang terlalu khawatir sampai kadang sedikit membentak dengan berkata : “Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!”.
Berbeda dengan Ibu yang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut.
Ketahuilah, saat itu Ayah benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu.

Ketika kamu sudah beranjak remaja…..
Kamu mulai menuntut pada Ayah untuk dapat izin keluar malam, dan Ayah bersikap tegas dan mengatakan: “Tidak boleh!”.
Tahukah kamu, bahwa Ayah melakukan itu untuk menjagamu?
Karena bagi Ayah, kamu adalah sesuatu yang sangat - sangat luar biasa berharga..
Setelah itu kamu marah pada Ayah, Ibu datang membujukmu agar tidak marah.
Tahukah kamu, bahwa saat itu Ayah memejamkan matanya dan menahan gejolak dalam batinnya,
Bahwa Ayah sangat ingin mengikuti keinginanmu, Tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu.

Saat kamu mulai lebih dipercaya, dan Ayah melonggarkan sedikit peraturan untuk keluar rumah untukmu, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya.
Maka yang dilakukan Ayah adalah duduk di ruang tamu, dan menunggumu pulang dengan hati yang sangat khawatir…
Dan setelah perasaan khawatir itu berlarut - larut…
Ketika melihat anaknya pulang larut malam hati Ayah akan mengeras dan Ayah memarahimu...

Sadarkah kamu, bahwa hal yang sangat ditakuti Ayah akan segera datang?
“Bahwa anak kecilnya akan segera pergi meninggalkan Ayah”

Setelah lulus SMA, Ayah akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang Yang terbaik.
Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan Ayah itu semata - mata hanya karena memikirkan masa depanmu nanti…
Tapi toh Ayah masih berusaha untuk tetap tersenyum dan mendukungmu atas pilihan anak-anaknya.

Ketika kamu menjadi dewasa….
Dan kamu harus pergi kuliah dikota lain…
Ayah harus melepasmu di bandara...
Tahukah kamu bahwa badan Ayah terasa kaku untuk memelukmu?
Ayah hanya mampu tersenyum sambil memberi nasehat ini - itu, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. .
Padahal Ayah ingin sekali menangis seperti Ibu dan memelukmu erat-erat.
Yang Ayah lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya, dan menepuk pundakmu

sambi berkata “Jaga dirimu baik-baik ya nak...”.
Ayah melakukan itu semua agar kamu KUAT….kuat untuk pergi dan kuat untuk menjadi dewasa.

Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu, orang pertama yang mengerutkan kening adalah Ayah.
Ayah pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain.
Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta mainan, dan Ayah tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan…

Kata-kata yang keluar dari mulut Ayah adalah : “Tidak…. Tidak bisa!”
Padahal dalam batin Ayah, Ia sangat ingin mengatakan “Iya nak, nanti Ayah belikan untukmu”.
Tahukah kamu bahwa pada saat itu Ayah merasa gagal membuat anaknya tersenyum?

Saatnya kamu berhasil dalam kuliah dengan menunjukkan nilai yang yang terbaik...

Ayah hanya mampu tersenyum, ayah hanya mampu mengucapkan “selamat ya nak, ditingkatkan lagi”...

ingat pesan ayah “ tujuan mu hanya belajar saja nak di kota itu, hanya belajar, itu saja”

Ayah akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat “anak-anaknya tidak manja, berhasil tumbuh dewasa, mandiri...


Dan akhirnya….
ketika kamu telah memberikan hal terbaik untuknya,

Apakah kamu mengetahui, Ayah akan pergi ke suatu tempat yg sepi, dan menangis?
Ayah menangis karena Ayah sangat berbahagia sekali... ayah telah berhasil menanamkan jiwa bertanggung jawab pada anaknya...


Ayah kita…
Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat…
Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis…
Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu. .

Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa “KAMU BISA” dalam segala hal..

Senin, 18 Januari 2010

Ferdy Pharm: Makan Junk Food Bikin Stres dan Depresi

Ferdy Pharm: Makan Junk Food Bikin Stres dan Depresi

Makan Junk Food Bikin Stres dan Depresi


Jakarta, Kebanyakan makanan yang enak-enak tergolong makanan tidak sehat, contohnya yaitu junk food. Makanan yang identik dengan lemak tinggi, manis-manis dan sedikit nutrisi itu kini diketahui merupakan salah satu penyebab stres dan depresi.

Studi terkini yang dimuat dalam The British Journal of Psychiatry menyebutkan bahwa makan junk food akan membuat seseorang depresi. Para pakar epidemiologi Inggris dan Perancis menganalisis makanan dan mood 3.486 partisipan pria dan wanita.

Setiap partisipan diminta untuk mengisi kuesioner yang menanyakan seberapa sering mereka mengonsumsi beberapa jenis makanan selama beberapa tahun terakhir. Kategori makanan terdiri dari dua jenis, yakni kategori makanan alami (buah-buahan, sayur, ikan, dan lainnya) serta katergori makanan hasil proses (cokelat, makanan manis dan penuh gula, makanan digoreng, daging olahan dan lainnya).

Lima tahun kemudian, partisipan tersebut diberi kuesioner lagi untuk mengetahui tingkat depresi dan gejala-gejala yang berhubungan dengan stres. Beberapa variabel seperti umur, jenis kelamin, dan pola hidup lainnya seperti kebiasaan merokok atau aktivitas fisik sudah diperhitungkan.

"Hasil yang kami temukan adalah, terdapat hubungan yang erat antara jenis makanan dengan gejala depresi. Partisipan yang sering mengonsumsi makanan olahan atau makanan junk food cenderung mengalami gejala stres dan depresi dibanding partisipan yang mengonsumsi makanan alami," kata Tasnime Akbaraly, seorang peneliti seperti dikutip dari Newyorkdalynews, Minggu (17/1/2010).

Terlepas dari semua faktor kesehatan lainnya seperti merokok, olahraga atau berat badan seseorang, makanan junk food atau makanan olahan terbukti berkaitan dengan gejala depresi. Untuk itu, bila seseorang ingin menghindari depresi atau gejala bad mood lainnya, sebaiknya jangan coba-coba mengonsumsi jenis makanan tersebut.

"Yang terjadi sekarang justru sebaliknya. Ketika seseorang sedang bad mood atau dalam masalah, ia cenderung mengonsumsi semua jenis makanan yang enak-enak. Dan kebanyakan makanan yang enak-enak itu adalah makanan yang berlemak, manis-manis dan bersodium tinggi seperti makanan-makanan junk food," ujar Akbaraly dari National Institute of Health and Medical Research, Montpellier, Perancis.

Dengan mengurangi konsumsi daging olahan, makanan-makanan yang digoreng, manis-manis dan tinggi lemak, dijamin risiko depresi bisa berkurang. Sebaliknya, perbanyaklah makan buah-buahan dan sayuran tiap harinya.

"Pastikan sayur dan buah masuk dalam menu makanan sehari-hari, dan rasakan perbedaan mood yang dirasakan dibanding saat makan junk food," kata Akbaraly.

Diarrhea ?


Anda panik menghadapi diare? Jangan dulu. Sebenarnya banyak cara mudah untuk mengatasinya. Dalam mengatasi diare, yang paling utama adalah menghindari terjadinya dehidrasi. Hal ini dapat dilakukan dengan meminum banyak cairan. Minuman apa saja yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang sebenarnya boleh diminum, tapi bagi orang dewasa, sebaiknya hindari konsumsi susu dan minuman yang mengandung kafein karena minuman ini justru dapat memperparah diare. Dan juga, walaupun air sangat penting dalam mencegah dehidrasi, air tidak mengandung elektrolit yang diperlukan tubuh. Sehingga, Anda juga perlu mengkonsumsi sup, jus buah, buah-buahan maupun sayuran yang mengandung banyak elektrolit. Perhatikan juga konsumsi makanan Anda. Hindari konsumsi makanan yang berlemak, mengandung serat tinggi dan juga makanan yang pedas atau manis selama diare. Karena makanan-makanan ini dapat memperparah diare yang Anda derita.

Diare pada anak-anak dapat menjadi sangat membahayakan, maka perhatikan betul pola makan anak Anda yang sedang menderita diare. Anak-anak lebih mudah menderita dehidrasi daripada orang dewasa, serta lebih fatal akibatnya. Sehingga mereka harus diberikan cairan lebih banyak dan lebih sering lagi. Larutan elektrolit oral atau yang lebih kita kenal dengan oralit dapat menjadi pilihan, karena larutan ini mengandung garam-garam penting yang hilang dari tubuh selama diare. Untuk anak-anak tersedia juga oralit khusus untuk anak-anak yaitu pedialyte. Anak-anak yang mengalami diare sebaiknya beristirahat di rumah hingga kondisinya pulih.

Selain itu untuk mengurangi diare dan mempercepat penyembuhannya, bisa digunakan bermacam jenis obat. Namun hati-hati dalam memilih obat pada pengobatan sendiri. Terdapat banyak pilihan obat bebas yang digunakan sebagai obat diare:

*Obat yang banyak digunakan karena sangat ampuh mempersingkat waktu diare adalah loperamid (Imodium, Lomodium, Lodia, Imomed, dsb). Obat ini berkhasiat menekan gerakan usus berlebihan dan memulihkan keseimbangan yang terganggu antara penyerapan dan pengeluaran air dari sel-sel dinding usus.

**Sebagai ‘zat pemadat’ sering digunakan zat yang bersifat mengembangkan seperti garam Alumunium, Al-hidroksida, Al-silikat (kaolin) kadang terkombinasi dengan suatu karbohidrat pectin. Cara kerja dari jenis obat ini adalah membentuk jel dan mengikat cairan berlebih, racun, dan kuman dalam usus sehingga tinja menjadi lebih padat dan tidak berupa cairan lagi.

***Arang aktif dapat digunakan untuk mengatasi diare akibat keracunan makanan. Arang aktif (Bekarbon, Norit) sangat berguna untuk mengadsorpsi zat racun yang berasal dari makanan rusak/basi. Untuk efek optimal arang aktif perlu diminum dengan takaran cukup besar, 2-3 kali sehari 3-4 tablet.

****Obat-obat lain yang digunakan pada kasus diare adalah zat-zat penciut (adstringensia) yaitu tanin atau asam samak dan garam bismuth. Obat-obat ini berfungsi menciutkan dan mengeraskan dinding usus. Dengan demikian diperkirakan menghalangi penyerapan kuman dan toksin sekaligus mengurangi pengeluaran cairan berlebihan. Efek obat ini belum secara luas terbukti sehingga jarang digunakan.

Disamping obat-obat bebas ini, ada pula beberapa jenis obat yang digunakan untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri (misal: disentri, kolera). Jenis obat ini misalnya Kliokinol, Gol Sulfa (Ftalilsulfatiazol, Sulfasuksidin, Sulfaguanidin), dan antibiotika usus (neomisin, streptomisin, kolistin dan paromisin). Semua obat ini merupakan obat keras yang hanya boleh digunakan dibawah pengawasan dokter. Penggunaan sembarangan dari sulfa dan antibiotika dapat menimbulkan berbagai bahaya seperti bakteri yang resisten terhadap obat.

Jerawat ? Obatin sendiri aja...


Keberadaan jerawat merupakan hal yang wajar dimulai pada usia remaja, namun banyak orang merasa jerawat merupakan hal yang tidak wajar untuk penampilan. Jerawat menyebabkan wajah tampak tak segar, beserta dengan rasa gatal serta nyeri yang ditimbulkannya. Jerawat juga dapat meninggalkan bekas yang akhirnya dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri.


Pada saat remaja terjadi peningkatan hormon androgen yang mengakibatkan kelenjar minyak kulit memproduksi (sebum) berlebihan sehingga terjadi penyumbatan pada saluran kelenjar minyak dan pembentukan komedo. Penyumbatan yang semakin membesar menyebabkan munculnya komedo terbuka sehingga terjadi interaksi dengan bakteri jerawat dan akhirnya muncul benjolan yang tak diinginkan ini. Jerawat dapat terjadi pada muka, punggung, bagian atas lengan dan dada.

Untuk jerawat biasa, yang dapat dikenali dengan tonjolan kemerahan, dapat diobati dengan benzoyl-peroksida, tetapi perlu hati-hati karena zat ini dapat mengiritasi kulit. Selain itu dapat sigunakan produk yang mengandung sulfur. Apabila obat-obat tadi kurang memberikan efek, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit untuk memberikan obat jerawat yang mengandung vitamin A derivatif atau dapat juga dengan salep antibiotik. Salep ini dapat membunuh bakteri jerawat dan mengurangi pembengkakan dan peradangan. Untuk jerawat batu Cystic Acne obat jerawat yang dijual bebas tidak dapat menanggulangi masalah ini. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk memberikan pil antibiotik seperti tetrasiklin, bila kurang mempan dapat diobati dengan suntikan kortison yang menyembuhkan jerawat dalam waktu 2 hari.

Pengobatan jerawat juga dapat dilakukan secara alami. Mentimun dapat digunakan dengan cara mentimun dicuci bersih kemudian dipotong-potong dan perlahan-lahan digosokkan pada wajah berjerawat 3 x sehari. Selain itu dapat dengan 6 buah belimbing wuluh yang telah dicuci bersih, ditumbuk halus dan diremas-remas dengan air garam, kemudian digosokkan pada jerawat 3 x sehari. Tomat yang telah matang juga dapat digunakan, tomat dipotong-potong, dan dapat langsung digosokkan pada muka yang berjerawat. Jerawat juga dapat diobati dengan buah jeruk nipis yang telah matang dipotong rata dan digosokkan pada wajah yang berjerawat 2-3 kali sehari. Kemudian untuk kasus flek hitam akibat bekas jerawat dapat dihilangkan dengan parutan bengkoang atau jagung muda yang dioleskan pada bagian flek hitam dan didiamkan sampai mengering.

Pengobatan perlu didukung dengan upaya menghindari jerawat yaitu menjaga kebersihan wajah, dengan membersihkan wajah 2-3 kali sehari dengan menggunakan sabun lembut atau sabun khusus jerawat dan dapat juga dengan steam wajah dengan menggunakan kain yang telah direndam dengan air hangat, lalu ditekan ke seluruh permukaan wajah selama beberapa saat kemudian wajah dibasuh dengan mengguanakan air dingin. Selain itu juga perlu diperhatikan peralatan kosmetik yang digunakan harus oil free atau tidak mengandung minyak supaya tidak merangsang jerawat meradang dan setelah menggunakan kosmetik jangan lupa untuk membersihkan muka dari kosmetik secara sempurna setiap mandi dan sebelum tidur. Dan terakhir hindari memencet jerawat, karena hanya akan menyebarkan bakteri jerawat bagian wajah lainnya dan jerawat menjadi semakin meradang.

perbedaan Seminar, Simposium, Diskusi Panel, Rapat dan Lokakarya


I. SEMINAR
A. Pengertian
Seminar merupakan suatu pembahasan masalah secara ilmiah, walaupun topik yang dibahas adalah masalah sehari-hari. Dalam membahas masalah, tujuannya adalah mencari suatu pemecahan, oleh karena itu suatu seminar selalu diakhiri dengan kesimpulan atau keputusan-keputusan yang merupakan hasil pendapat bersama, yang kadang-kadang diikuti dengan resolusi atau rekomendasi.
Pembahasan dalam seminar berpangkal pada makalah atau kertas kerja yang telah disusun sebelumnya oleh beberapa orang pembicara sesuai dengan pokok-pokok bahasan yang diminta oleh sesuatu panitia penyelenggara. Pokok-pokok bahasan yang diminta oleh suatu penitia penyelenggara. Pokok bahasan yang telah ditentukan, akan dibahas secara teoritis dan dibagi menjadi beberapa subpokok bahasan bila masalahnya sangat luas. Pada awal seminar, dapat dibuka dengan suatu pandangan umum oleh orang berwenang (yang ditunjuk panitia) sehingga tujuan seminar terarah. Kemudian hadirin (massa) dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas permasalahan lebih lanjut. Tiap kelompok dapat diserahi tugas membahas suatu sub pokok bahasan untuk dibahas dalam kelompok yang biasanya juga disebut seksi/komisi, di bawah pimpinan seorang ketua komisi (kelompok). Dari hasil-hasil kelompok, disusun suatu perumusan yang merupakan suatu kesimpulan yang dirumuskan oleh suatu tim perumus yang ditunjuk.
Pembahasan dalam seminar memakan waktu yang lebih lama karena sifatnya yang ilmiah. Apabila para pembicara tidak dapat mengendalikan diri biasanya waktu banyak dipergunakan untuk pembahasan yang kurang penting. Oleh karena itu dibutuhkan pimpinan kelompok yang menguasai persoalan sehingga penyimpangan dari pokok persoalan dapat dicegah. Penyimpangan ini dapat diatasi bila setiap kali ketua sidang menyimpulkan hasil pembicaraan sehingga apa yang akan dibicarakan selanjutnya sudah terarah.

B. Penggunaan Seminar
Seminar akan efektif bila:
1. Tersedia waktu yang cukup untuk membahas persoalan.
2. Problema sudah dirumuskan dengan jelas.
3. Para peserta dapat diajak berfikir logis.
4. Problema memerlukan pemecahan yang sistematis.
5. Problema akan dipecahkan secara menyeluruh.
6. Pimpmnan sidang cukup terampil dalam mcnggunakan metode ini.
7. Kelompok tidak terlalu besar sehingga memungkinkan setiap peserta mengambil bagian dalam berpendapat.

C. Kelebihan dan kelemahan :
a. Kelebihan :
1. Membangkitkan pemikiran yang logis.
2. Mendorong pada analisa menyeluruh.
3. Prosedurnya dapat diterapkan untuk berbagai jenis problema.
4. Membangkitkan tingkat konsentrasi yang tinggi pada diri peserta.
5. Meningkatkan keterampilan dalam mengenal problema.

b. Kelemahan :
1. Membutuhkan banyak waktu.
2. Memerlukan pimpinan yang terampil.
3. Sulit dipakai bila kelompok terlalu besar.
4. Mengharuskan setiap anggota kelornpok untuk mempelajari terlebih dahulu.
5. Mungkin perlu dilanjutkan pada diskusi yang lain.






II. SIMPOSIUM
A. Pengertian
Simposium adalah serangkaian pidato pendek di depan pengunjung dengan seorang pemimpin. Simposium menampilkan beberapa orang pembicara dan mereka mengemukakan aspek-aspek pandangan yang berbeda dan topik yang sama. Dapat juga terjadi, suatu topik persoalan dibagi atas beberapa aspek, kemudian setiap aspek disoroti tersendiri secara khusus, tidak perlu dari berbagai sudut pandangan.
Pembicara dalam simposium terdiri dari pembicara (pembahas utama) dan penyanggah (pemrasaran banding), dibawah pimpinan seorang moderator. Pendengar diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat setelah pembahas utama dan penyanggah selesai berbicara. Moderator hanya mengkoordinasikan jalannya pembicaraan dan meneruskan pertanyaan-pertanyaan, sanggahan atau pandangan umum dari peserta. Hasil simposium dapat disebar luaskan, terutama dari pembahas utama dan penyanggah, sedangkan pandangan-pandangan umum yang dianggap perlu saja.

B. Penggunaan Simposium
Simposium dapat digunakan :
1. Untuk mengemukakan aspek-aspek yang berbeda dari suatu topik tertentu.
2. Jika kelompok peserta besar.
3. Kalau kelompok membutuhkan keterampilan yang ringkas.
4. Jika ada pembicara yang memenuhi syarat (ahli dalam bidang yang disoroti).

C. Kelebihan dan Kelemahan :
a. Kelebihan :
1. Dapat dipakai pada kelompok besar maupun kecil.
2. Dapat mengemukakan informnasi banyak dalam waktu singkat.
3. Pergantian pembicara menambah variasi dan sorotan dari berbagai segi akan menjadi sidang lebih menarik.
4. Dapat direncanakan jauh sebelumnya.

b. Kelemahan :
1. Kurang spontanitas dan kneatifitas karena pembahas maupun penyanggah sudah ditentukan.
2. Kurang interaksi kelompok.
3. Menekankan pokok pembicaraan.
4. Agak terasa formal.
5. Kepribadian pembicara dapat menekankan materi.
6. Sulit mengadakan kontnol waktu.
7. Secara umum membatasi pendapat pembicara.
8. Membutuhkan perencanaan sebelumnya dengan hati-hati untuk menjamin jangkauan yang tepat.
9. Cenderung dipakai secara berlebihan.





III. DISKUSI PANEL
B. Pengertian
Panel merupakan salah satu bentuk diskusi yang sudah direncanakan tentang suatu topik di depan para pengunjung. Diskusi panel dibawakan oleb 3 - 6 orang yang dianggap ahli yang dipimpin oleh seorang moderator.
Para panelis berdiskusi sedemikian rupa, sehingga para pengunjung dapat mengikuti pembicaraan mereka. Pengunjung hanya berfungsi sebagai pendengar, oleh karena itu pengunjung yang begitu besar jumlahnya dianggap sebagai kelompok yang diajar oleh suatu regu guru. Tetapi panel tidak boleh hanya sekedar merupakan pengajaran informatif, melainkan harus dapat merangsang cara berpikir massa dengan memberikan berbagai perspektif.
Pelaksanaan panel dimulai dari perkenalan para panelis oleh moderator, kemudian disampaikan persoalan umum kepada para panelis tersebut, untuk didiskusikan. Mereka seharusnya adalah orang-orang yang pandai berbicara dengan lancar dan menarik. Moderator juga memegang penanan dalam diskusi ini, sebagai pengatur jalannya pembicaraan dengan sekali-kali menyimpulkan apa yang dikemukakan oleh para panelis. Perbedaan pendapat tidak menjadi persoalan, karena pada diskusi panel tidak perlu dicapai suatu kesatuan pendapat atau keputusan. Bahkan perbedaan pendapat itulah yang diharapkan dapat memberikan stimulus bagi pendengar untuk dapat berpikir lebih jauh. Pendengar tidak hanya akan menelan pesan yang sudah jadi, melainkan dapat mengikuti proses pemikiran para panelis jalannya diskusi. Setelah diskusi selesai, pendengar dapat membentuk kelompok-kelompok untuk mendiskusikannya lebih lanjut. Akan tetapi selama diskusi panel, pendengar tidak diberi kesempatan untuk mengemukakan pandangan.

C. PENGGUNAAN PANEL
Anda dapat menggunakan panel kalau :
1. Ingin mengemukakan pandapat yang berbeda-beda.
2. Ingin memberi stimulus para pendengar akan adanya suatu persoalan yang perlu dipecahkan.
3. Ada panelis yang memenuhi syarat.
4. Pembicaraan terlalu luas untuk didiskusikan dalam kelompok itu.
5. Ingin mengajak pendengar melihat “ke dalam” tetapi tidak menginginkan tanggapan secara verbal.
6. Ada moderator yang cakap, yang dapat menguasai segala aspek dan persoalan yang dibicarakan.

D. Kelebihan dan Kelemahan :
a. Kelemahan :
1. Membangkitkan pikiran.
2. Mengemukakan pandangan yang berbeda-beda.
3. Mendorong ke analisis lebih lanjut.
4. Memanfaatkan para ahli untuk berpendapat dan proses pemikirannya dapat membelajarkan orang lain.

b. Kelebihan :
1. Mudah tersesat bila moderator tidak terampil.
2. Memungkinkan panelis berbicara terlalu banyak.
3. Tidak memberi kesempatan peserta untuk berbicara.
4. Cenderung menjadi serial pidato pendek.
5. Membutuhkan persiapan yang cukup masak.





IV. RAPAT
A. Pengertian
Apa yang dimaksud dengan Rapat ?
1. Rapat, merupakan suatu bentuk media komunikasi kelompok resmi yang bersifat tatap muka, yang sering diselenggarakan oleh banyak organisasi, baik swasta maupun pemerintah.
2. Rapat merupakan alat untuk mendapatkan mufakat, melalui musyawarah kelompok.
3. Rapat merupakan media yang dapat dipakai unttuk pengambilan keputusan secara musyawarah untuk mufakat.
4. Rapat merupakan pertemuan antara para anggota di lingkungan kantor/ perusahaan/
organisasi sendiri untuk membicarakan, merundingkan suatu masalah yang menyangkut
kepentingan bersama.
Rapat merupakan alat/media komunikasi kelompok yang bersifat tatap muka dan sangat penting, diselenggarakan oleh banyak organisasi, baik swasta maupun pemerintah untuk mendapatkan mufakat melalui musyawarah untuk pengambilan keputusan. Jadi rapat merupakan bentuk komunikasi yang dihadiri oleh beberapa orang untuk membicarakan dan memecahkan permasalahan tertentu, dimana melalui rapat berbagai permasalahan dapat dipecahkan dan berbagai kebijaksanaan organisasi dapat dirumuskan.
Walaupun rapat merupakan aktivitas yang sangat penting, namun sering kita temukan beberapa permasalahan dalam rapat, dimana kita sering mendengar adanya keluhan dari pengawai,”Apa sih, gunanya rapat?”. Artinya adanya keterpaksaan anggota organisasi untuk mengikuti rapat karena rapat dianggap tidak perlu, membuang-buang waktu.

Hal ini terjadi karena pengelolaan rapat yang kurang tepat antara lain:
1. Para anggota organisasi terlalu sering diminta mengikuti rapat tanpa dipertimbangkan, siapa yang sebenarnya dan seharusnya terlibat dalam rapat.
2. Rapat hanya dijadikan alat pembenaran ide atau kehendak pimpinan.
3. Hasil rapat tidak pernah ditindak-lanjuti atau hanya berhenti pada tataran ide saja, tanpa pernah diusahakan untuk direalisasikan



V. Lokakarya (Inggris: workshop) adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.
Sebuah lokakarya adalah pertemuan ilmiah yang kecil.




VI. Kongres adalah kumpulan orang, terutama untuk tujuan politik

Minggu, 17 Januari 2010

Swamedikasi

Swamedikasi dasar hukumnya permekes No.919/MENKES/PER/X/1993, secara sederhana swamedikasi adalah upaya seseorang dalam mengobati gejala sakit atau penyakit tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Namun bukan berarti asal mengobati, justru pasien harus mencari informasi obat yang sesuai dengan penyakitnya dan apoteker-lah yang bisa berperan di sini. Apoteker bisa memberikan informasi obat yang objektif dan rasional. Swamedikasi boleh dilakukan untuk kondisi penyakit yang ringan, umum dan tidak akut.

Dalam asuhan kefarmasian, swamedikasi adalah salah satu hal yang harus dilakukan dengan baik. Seperti kita ketahui saat pasien mengusahakan untuk mendapatkan obat, seharusnya apoteker tidak melepaskan obat begitu saja, meskipun obat bebas. Hal yang harus dicermati adalah mengamankan pasien dari obat dan penyakit, sebagai tujuan utama dalam swamedikasi.


Pada swamedikasi, pemahaman apoteker tentang obat dan penyakit merupakan hal yang harus dikuasai dan tidak bisa ditawar. Karena tidak mungkin kita bisa mengamankan masyarakat dari keduanya bila apoteker tak memahami keduanya. Pemahaman apoteker terhadap obat secara umum tidak menjadi masalah, tetapi pemahaman terhadap penyakit umumnya sangat kurang. Bukannya kita ingin menjadi pengobat seperti doker, tetapi diharapkan kita bisa mengawal masyarakat dan tahu kapan masyarakat harus ke dokter.


Sering kali pasien memaksakan diri agar apoteker mampu mengobati penyakitnya, tetapi bila dirasakan penyakit harus dirujuk, apoteker harus mampu merujuk pada saat yang tepat. Philosofi yang saya gunakan dalam swamedikasi adalah keamanan lebih penting dari pada semuanya, semisal manjur, tetapi tidak aman juga tidak ada gunanya. Sering kali saya harus menjelaskan kepada pasien, bahwa obat yang bagus selalu dengan urutan aman, efektif dan efisien. Keamanan selalu diletakan pada posisi pertama. Dan kalau dalam usaha swamedikasi tidak berhasil pasien harus mengunjungi dokter.


Saya selalu mengatakan bahwa kemanan adalah hal yang sangat penting. Dan saya sangat menghargai dokter bila ukuran klinis adalah hak mereka. Boleh kita bicara gejala penyakit, diagnosa dan lain sebagainya, tetapi derajat sakit bukanlah wilayah kita. Sebaiknya kita berhati hati didalam swamedikasi dan tetap mengutamakan kepentingan pasien yaitu selamat dalam penggunaan obat dan sediaan farmasi lain.

Kriteria obat yang digunakan?

Sesuai permenkes No.919/MENKES/PER/X/1993, kriteria obat yang dapat diserahkan tanpa resep:

1. Tidak dikontraindikasikan untuk penggunaan pada wanita hamil, anak di bawah usia 2 tahun dan orang tua di atas 65 tahun.

2. Pengobatan sendiri dengan obat dimaksud tidak memberikan risiko pada kelanjutan penyakit.

3. Penggunaannya tidak memerlukan cara atau alat khusus yang harus dilakukan oleh tenaga kesehatan

4. Penggunaannya tidak memerlukan cara atau alat khusus yang harus dilakukan oleh tenaga kesehatan

5. Penggunaannya diperlukan untuk penyakit yang prevalensinya tinggi di Indonesia

6. Obat dimaksud memiliki rasio khasiat keamanan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk pengobatan sendiri.

Jenis obat yang digunakan

1. Obat bebas (OTCà Over the counter) à tanpa resep dokter Obat bebas:

- obat bebas : tanda lingkaran hitam, dasar hijau

- obat terbatas : tanda lingkaran hitam, dasar biru

2. Obat Wajib Apotek (OWA) Merupakan obat keras tanpa resep dokter, tanda: lingkaran hitam, dasar merah

3. suplemen makanan

Swamedikasi berarti mengobati segala keluhan pada diri sendiri dengan obat-obat yang dibeli bebas di apotek atau toko obat atas kemauan sendiri tanpa nasehat dokter


Keuntungan swamedikasi adalah tersedia obat yang dapat digunakan di rumah kita dan akan menghemat waktu yang diperlukan untuk pergi ke dokter yang jauh dari tempat tinggal. Kerugiannya bila keluhan yang dialami dinilai salah dan bila penggunaan obat kurang tepat, terlalu lama, atau dalam dosis yang terlalu besar.


Bagaimana cara menggunakan obat?

1. Tablet

Ditelan dengan segelas air, sebaiknya dengan posisi tubuh tegak dan setelah digigit menjadi 3-4 bagian kecil. Jika ditelan tanpa atau terlalu sedikit air atau dalam posisi terbaring, maka terdapat resiko akan tersangkutnya tablet di kerongkongan.
2. Kapsul

Seperti tablet, kapsul diletakkan di atas lidah dan ditelan dengan cukup banyak air dengan posisi tegak, berdiri, atau duduk. Bila sukar ditelan, maka kapsul dilunakkan dalam air untuk beberapa saat dan jangan sampai kedua tabung dibuka untuk mengeluarkan obatnya.

3. Serbuk

Serbuk ditaburkan pada segelas air, aduk agar obat melarut kemudian baru diminum. Bilaslah gelas dengan sedikit air untuk sisa obat yang melekat.
4. Obat kumur

Setiap kali berkumur, selama 2-3 menit agar obat diberi kesempatan untuk bekerja. Sesudahnya obat dikeluarkan dan jangan ditelan.

5. Salep

Dengan tangan yang bersih, keluarkan sedikit obat dan oleskan setipis mungkin pada kulit.

6. Serbuk tabur

Taburkan sedikit pada serbuk pada kulit dan digosok dengan hati-hati.

7. Tetes mata

Terlebih dahulu tangan dicuci dengan baik, kepala didongakkan dan mata diarahkan ke atas. Dengan jari telunjuk, kelopak mata bawah ditarik ke bawah sehingga terbentuk selokan kecil. Wadah dipegang antara jempol, telunjuk, jari tengah dan tangan disandarkan pada dahi tepat di atas mata. Jatuhkan beberapa tetes ke dalam selokan kecil dan dengan jari tengah menekan pada hidung di sisi ujung dalam dari mata supaya tetesan tidak segera mengalir keluar, kemudian mata ditutup selama satu menit.

Untuk anak kecil (kurang dari 10-12 tahun), supaya berbaring dengan mata tertutup rapat. Kemudian jatuhkan satu atau dua tetes pada ujung mata di sisi hidung. Bila anak membuka matanya, tetesan akan masuk dengan sendirinya ke dalam mata.


Kapan dan dengan Apa Obat Harus Diminum?


1. Sebelum atau sesudah makan?

Obat diminum sebelum makan, karena adanya makanan di dalam lambung akan menghambat pelarutan dan penyerapan obat. Obat diminum sesudah makan atau pada saat makan, karena obat harus melarut dalam lemak agar dapat diserap dengan baik. Jika obat ini diminum pada saat perut kosong, dapat menimbulkan mual dan muntah serta akan mmengiritasi lambung.
2. Berapa kali sehari?

Lama kerja obat berbeda-beda. Ada obat yang diminum1,2,3, aataun 4 kali sehari. Obat yang harus ditelan 1x sehari umumnya ditelan pagi hari, bila tidak diberi petunjuk lain. 2x sehari artinya obat diminum tiap 12 jam, 3x sehari artinya obat diminum tiap 8 jam dan 4x sehari artinya obat diminum tiap 6 jam. Bila takaran 4x sehari sukar diwujudkaan, sebaiknya obat diminum sebelum dan sesudah tidur pada malam hari, serta 2 kali lagi dibagi rata sepanjang hari.
3. Dengan air, limun, atau susu?

Sebaiknya obat diminum dengan air putih. Susu tidak selalu layak diminum dengan obat, karena mengandung kalsium, khususnya zat-zat antibiotik seperti halnya tetrasiklin. Ini karena kalsium dapat mengikat tetrasiklin, sehingga obat dari usus/saluran pencernaan tidak dapat diserap oleh darah.


Bagaimana Cara Menyimpan Obat?

Semua obat sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk, dalam wadah asli dan terlindung dari lembab cahaya.

Tanda-tanda Kerusakan Obat

Suatu obat telah menjadi rusak bial terjadi perubahan warna, larutan yang bening menjadi keruh atau berjamur, bentuk dan baunya berubah. Obat yang rusak tidak boleh diminum, karena akan dapat membentuk zat-zat beracun atau menjadi tidak berefek pada tubuh. Pada waktu membeli obat, sebaiknya dilihat tanggal kadaluwarsanya, juga bungkusan aslinya apakah masih dalam keadaan baik atau sudah rusak.


Antibiotik
Obat yang tergolong antibiotic. Dalam pemakaiannya harus dihabiskan untuk menghindari kambuhnya penyakit. Bila masih ketinggalan sisa akibat dari bagian obat yang tidak habis, maka sisa obat tersebut tidak boleh disimpan.

Sabtu, 09 Januari 2010

Pengertian komunikasi verbal dan non verbal dan Pertanyaan terbuka dan tertutup dan Logo Apotek

Pengertian komunikasi verbal dan non verbal

Ada dua bentuk komunikasi yang lazim digunakan, yakni komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.

1. Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca ) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan.

Prakteknya, komunikasi verbal bisa dilakukan dengan cara :

a) Berbicara dan menulis.

Umumnya untuk menyampaikan, orang cenderung lebih menyukai speaking (berbicara) ketimbang (writing ). Selain karena praktis, speaking dianggap lebih mudah “menyentuh” sasaran karena langsung didengar komunikan. Namun bukan berarti pesan tertulis tidak penting. Untuk menyampaikan pesan bisnis yang panjang dan memerlukan pemahaman dan pengkajian matang, diperlukan pula penyampaian writing. Semisal penyampaian bussines report. Sangat tidak mungkin jika hanya disampaikan dengan berbicara.

b) Mendengarkan dan membaca.

Kenyataan menunjukkan, pelaku bisnis lebih sering mendapatkan informasi ketimbang menyampaikan informasi. Dan aktivitas penerimaan informasi.pesan bisnis ini dilakukan lewat proses (listening) mendengarkan dan membaca (reading). Sayangnya, kenyataan juga menunjukkan, masih banyak di antara kalangan bisnis yang tidak memiliki kemampuan dan kemauan memadai untuk melakukan proses reading dan listening ini. Sehingga pesan penting sering hanya berlalu begitu saja, dan hanya sebagian kecil yang tercerna dengan baik.


2. Komunikasi non verbal

Komunikais non verbal ( non verbal communicarion) menempati porsi penting. Banyak komunikasi verbal tidak efektif hanya karena komunikatornya tidak menggunakan komunikasi non verbal dengan baik dalam waktu bersamaan. Melalui komunikasi non verbal, orang bisa mengambil suatu kesimpulan mengenai suatu kesimpulan tentang berbagai macam persaan orang, baik rasa senang, benci, cinta, kangen dan berbagai macam perasaan lainnya. Kaitannya dengan dunia bisnis, komunikasi non verbal bisa membantu komunikator untuk lebih memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus memahami reaksi komunikan saat menerima pesan.

Bentuk komunikasi non verbal sendiri di antaranya adalah, bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, symbol-simbol, pakaian sergam, warna dan intonasi suara.

Tujuan komunikais non verbal ;

a) Menyediakan/memberikan informasi
b) Mengatur alur suatu percakapan
c) Mengekspresikan suatu emosi
d) Memberi sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkankan pesan-pesan verbal.
e) Mengendalikan atau mempersuasi orang lain
f) Mempermudah tugas-tugas khusus, misalnya dalam mengajar seseorang untuk melakukan serve badminton, belajar golf dan sejenisnya.

Relevansi komunikasi non verbal dalam dunia bisnis, komunikasi non verbal yang disampaikan dengan baik akan mampu membantu seseorang meningkatkan kredibilitas dan potensi leadeship, selain tentunya akan mempermudah proses penyampaian pesan inti kepada komunikan.


Pertanyaan terbuka dan tertutup

Rumusan pertanyaan kunci umumnya masih bersifat umum sehingga perlu dipecah lagi dalam beberapa pertanyaan yang lebih spesifik. Pertanyaan tersebut bisa berbentuk pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, maupun semi tertutup.
Pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang semua jawabannya telah disediakan sehingga responden cukup memilihnya saja.
Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang sepenuhnya berasal dari responden.

Perbandingan antara tiga apotek waralaba yang sangat tidak asing ditelinga kita yaitu apotek K24, Century, Guardian. Tiga apotek besar ini mempunyai logo yang berbeda- beda.

Pertama saya lihat dari apotek K24. Menurut saya logo apotek K24 dengan background hijau muda terlihat lebih fress dan lebih terang. Dengan tulisan K24 putih dan merah, warna- warna cerah sangat menarik. Tulisan yang besar jelas akan lebih mudah terbaca dari sisi manapun. Mudah terbaca dan mudah dimengerti bahwa apotek ini buka 24 jam non- stop. Dan logo tersebut jelas menandakan bahwa tempat itu adalah apotek. Dan konsumen juga akan mudah apabila mencari obat atau butuh obat malam - malam.

Dibanding warna- warna yang dipadu pada logo apotek century dan guardian. Logo Century background hijau tua dengan tulisan century putih dengan tulisan healthcare putih sebagai penanda apotek. Lebih simple dibanding logo apotek K24. Akan tetapi tulisan pada logo century terlalu kecil dan tidak mudah terbaca. Paduan warna cocok dan bagus tapi mungkin logo itu harus lebih diperjelas lagi. Dibesarkan tulisan healthcare dengan warna yang cerah. Karena orang awam akan kurang mengerti bahwa itu adalah apotek. Century akan dapat dengan mudah kita dapatkan dikota- kota besar termasuk Yogyakarta.

Logo guardian menarik perpaduan background dengan tulisan bagus tetapi. Tulisan healthy and beuty kurang bagus. Nggak jelas. Mungkin warnanya harus diperjelas lagi. Guardian juga dengan mudah kita temui. Barang- barang di apotek guardian lebih lengkap tidak hanya obat- obatan saja. Saat saya masuk apotek guardian disalah satu mall di Yogyakarta, di apotek Guardian ada juga barang- barang kebutuhan sehari-hari. Serta pada saat saya berkunjung,pelayanan yang diberikan sangat memuaskan.

Perbandingan tiga apotek besar dengan apotek rakyat.
Logo apotek ini sangat kurang menarik dan kurang memancing para kosumen. Warna sangat biasa tidak ada warna- warna yang mencolok. Konsumen juga akan kurang suka, karena kebanyakan konsumen tertarik datang ke apotek karena kecerahan logo. Logo menggambarkan jelas tempat tersebut adalah apotek. Dengan tulisan apotek yang besar.