Senin, 18 Januari 2010

Jerawat ? Obatin sendiri aja...


Keberadaan jerawat merupakan hal yang wajar dimulai pada usia remaja, namun banyak orang merasa jerawat merupakan hal yang tidak wajar untuk penampilan. Jerawat menyebabkan wajah tampak tak segar, beserta dengan rasa gatal serta nyeri yang ditimbulkannya. Jerawat juga dapat meninggalkan bekas yang akhirnya dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri.


Pada saat remaja terjadi peningkatan hormon androgen yang mengakibatkan kelenjar minyak kulit memproduksi (sebum) berlebihan sehingga terjadi penyumbatan pada saluran kelenjar minyak dan pembentukan komedo. Penyumbatan yang semakin membesar menyebabkan munculnya komedo terbuka sehingga terjadi interaksi dengan bakteri jerawat dan akhirnya muncul benjolan yang tak diinginkan ini. Jerawat dapat terjadi pada muka, punggung, bagian atas lengan dan dada.

Untuk jerawat biasa, yang dapat dikenali dengan tonjolan kemerahan, dapat diobati dengan benzoyl-peroksida, tetapi perlu hati-hati karena zat ini dapat mengiritasi kulit. Selain itu dapat sigunakan produk yang mengandung sulfur. Apabila obat-obat tadi kurang memberikan efek, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit untuk memberikan obat jerawat yang mengandung vitamin A derivatif atau dapat juga dengan salep antibiotik. Salep ini dapat membunuh bakteri jerawat dan mengurangi pembengkakan dan peradangan. Untuk jerawat batu Cystic Acne obat jerawat yang dijual bebas tidak dapat menanggulangi masalah ini. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk memberikan pil antibiotik seperti tetrasiklin, bila kurang mempan dapat diobati dengan suntikan kortison yang menyembuhkan jerawat dalam waktu 2 hari.

Pengobatan jerawat juga dapat dilakukan secara alami. Mentimun dapat digunakan dengan cara mentimun dicuci bersih kemudian dipotong-potong dan perlahan-lahan digosokkan pada wajah berjerawat 3 x sehari. Selain itu dapat dengan 6 buah belimbing wuluh yang telah dicuci bersih, ditumbuk halus dan diremas-remas dengan air garam, kemudian digosokkan pada jerawat 3 x sehari. Tomat yang telah matang juga dapat digunakan, tomat dipotong-potong, dan dapat langsung digosokkan pada muka yang berjerawat. Jerawat juga dapat diobati dengan buah jeruk nipis yang telah matang dipotong rata dan digosokkan pada wajah yang berjerawat 2-3 kali sehari. Kemudian untuk kasus flek hitam akibat bekas jerawat dapat dihilangkan dengan parutan bengkoang atau jagung muda yang dioleskan pada bagian flek hitam dan didiamkan sampai mengering.

Pengobatan perlu didukung dengan upaya menghindari jerawat yaitu menjaga kebersihan wajah, dengan membersihkan wajah 2-3 kali sehari dengan menggunakan sabun lembut atau sabun khusus jerawat dan dapat juga dengan steam wajah dengan menggunakan kain yang telah direndam dengan air hangat, lalu ditekan ke seluruh permukaan wajah selama beberapa saat kemudian wajah dibasuh dengan mengguanakan air dingin. Selain itu juga perlu diperhatikan peralatan kosmetik yang digunakan harus oil free atau tidak mengandung minyak supaya tidak merangsang jerawat meradang dan setelah menggunakan kosmetik jangan lupa untuk membersihkan muka dari kosmetik secara sempurna setiap mandi dan sebelum tidur. Dan terakhir hindari memencet jerawat, karena hanya akan menyebarkan bakteri jerawat bagian wajah lainnya dan jerawat menjadi semakin meradang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar