Sabtu, 09 Januari 2010

Pengertian komunikasi verbal dan non verbal dan Pertanyaan terbuka dan tertutup dan Logo Apotek

Pengertian komunikasi verbal dan non verbal

Ada dua bentuk komunikasi yang lazim digunakan, yakni komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal.

1. Komunikasi verbal ( verbal communication ) adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan dengan cara tertulis (written) atau lisan (oral). Komunikasi verbal menempati porsi besar. Karena kenyataannya, ide-ide, pemikiran atau keputusan, lebih mudah disampaikan secara verbal ketimbang non verbal. Dengan harapan, komunikan (baik pendengar maun pembaca ) bisa lebih mudah memahami pesan-pesan yang disampaikan.

Prakteknya, komunikasi verbal bisa dilakukan dengan cara :

a) Berbicara dan menulis.

Umumnya untuk menyampaikan, orang cenderung lebih menyukai speaking (berbicara) ketimbang (writing ). Selain karena praktis, speaking dianggap lebih mudah “menyentuh” sasaran karena langsung didengar komunikan. Namun bukan berarti pesan tertulis tidak penting. Untuk menyampaikan pesan bisnis yang panjang dan memerlukan pemahaman dan pengkajian matang, diperlukan pula penyampaian writing. Semisal penyampaian bussines report. Sangat tidak mungkin jika hanya disampaikan dengan berbicara.

b) Mendengarkan dan membaca.

Kenyataan menunjukkan, pelaku bisnis lebih sering mendapatkan informasi ketimbang menyampaikan informasi. Dan aktivitas penerimaan informasi.pesan bisnis ini dilakukan lewat proses (listening) mendengarkan dan membaca (reading). Sayangnya, kenyataan juga menunjukkan, masih banyak di antara kalangan bisnis yang tidak memiliki kemampuan dan kemauan memadai untuk melakukan proses reading dan listening ini. Sehingga pesan penting sering hanya berlalu begitu saja, dan hanya sebagian kecil yang tercerna dengan baik.


2. Komunikasi non verbal

Komunikais non verbal ( non verbal communicarion) menempati porsi penting. Banyak komunikasi verbal tidak efektif hanya karena komunikatornya tidak menggunakan komunikasi non verbal dengan baik dalam waktu bersamaan. Melalui komunikasi non verbal, orang bisa mengambil suatu kesimpulan mengenai suatu kesimpulan tentang berbagai macam persaan orang, baik rasa senang, benci, cinta, kangen dan berbagai macam perasaan lainnya. Kaitannya dengan dunia bisnis, komunikasi non verbal bisa membantu komunikator untuk lebih memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus memahami reaksi komunikan saat menerima pesan.

Bentuk komunikasi non verbal sendiri di antaranya adalah, bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, symbol-simbol, pakaian sergam, warna dan intonasi suara.

Tujuan komunikais non verbal ;

a) Menyediakan/memberikan informasi
b) Mengatur alur suatu percakapan
c) Mengekspresikan suatu emosi
d) Memberi sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkankan pesan-pesan verbal.
e) Mengendalikan atau mempersuasi orang lain
f) Mempermudah tugas-tugas khusus, misalnya dalam mengajar seseorang untuk melakukan serve badminton, belajar golf dan sejenisnya.

Relevansi komunikasi non verbal dalam dunia bisnis, komunikasi non verbal yang disampaikan dengan baik akan mampu membantu seseorang meningkatkan kredibilitas dan potensi leadeship, selain tentunya akan mempermudah proses penyampaian pesan inti kepada komunikan.


Pertanyaan terbuka dan tertutup

Rumusan pertanyaan kunci umumnya masih bersifat umum sehingga perlu dipecah lagi dalam beberapa pertanyaan yang lebih spesifik. Pertanyaan tersebut bisa berbentuk pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, maupun semi tertutup.
Pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang semua jawabannya telah disediakan sehingga responden cukup memilihnya saja.
Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang sepenuhnya berasal dari responden.

Perbandingan antara tiga apotek waralaba yang sangat tidak asing ditelinga kita yaitu apotek K24, Century, Guardian. Tiga apotek besar ini mempunyai logo yang berbeda- beda.

Pertama saya lihat dari apotek K24. Menurut saya logo apotek K24 dengan background hijau muda terlihat lebih fress dan lebih terang. Dengan tulisan K24 putih dan merah, warna- warna cerah sangat menarik. Tulisan yang besar jelas akan lebih mudah terbaca dari sisi manapun. Mudah terbaca dan mudah dimengerti bahwa apotek ini buka 24 jam non- stop. Dan logo tersebut jelas menandakan bahwa tempat itu adalah apotek. Dan konsumen juga akan mudah apabila mencari obat atau butuh obat malam - malam.

Dibanding warna- warna yang dipadu pada logo apotek century dan guardian. Logo Century background hijau tua dengan tulisan century putih dengan tulisan healthcare putih sebagai penanda apotek. Lebih simple dibanding logo apotek K24. Akan tetapi tulisan pada logo century terlalu kecil dan tidak mudah terbaca. Paduan warna cocok dan bagus tapi mungkin logo itu harus lebih diperjelas lagi. Dibesarkan tulisan healthcare dengan warna yang cerah. Karena orang awam akan kurang mengerti bahwa itu adalah apotek. Century akan dapat dengan mudah kita dapatkan dikota- kota besar termasuk Yogyakarta.

Logo guardian menarik perpaduan background dengan tulisan bagus tetapi. Tulisan healthy and beuty kurang bagus. Nggak jelas. Mungkin warnanya harus diperjelas lagi. Guardian juga dengan mudah kita temui. Barang- barang di apotek guardian lebih lengkap tidak hanya obat- obatan saja. Saat saya masuk apotek guardian disalah satu mall di Yogyakarta, di apotek Guardian ada juga barang- barang kebutuhan sehari-hari. Serta pada saat saya berkunjung,pelayanan yang diberikan sangat memuaskan.

Perbandingan tiga apotek besar dengan apotek rakyat.
Logo apotek ini sangat kurang menarik dan kurang memancing para kosumen. Warna sangat biasa tidak ada warna- warna yang mencolok. Konsumen juga akan kurang suka, karena kebanyakan konsumen tertarik datang ke apotek karena kecerahan logo. Logo menggambarkan jelas tempat tersebut adalah apotek. Dengan tulisan apotek yang besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar